DiscipleSHIFT

A sermon by Ps. Ronald Politton.

Louis Sulitan, arsitek asal Boston, (1856-1924) mencetuskan prinsip “form follows function” atau “bentuk mengikuti fungsi”.

Demikian juga Tuhan. Pada mulanya… Kejadian 1:26. Tuhan menjadikan kita dengan begitu sempurna karena Tuhan memiliki tujuan yang sempurna dalam hidup kita.

Dalam hal apa Tuhan mau kita menjadi seperti Dia?

1. Karakter
2. Karya

Kita dibentuk/dipanggil untuk me-murid kan. Ada 3 saat di mana Tuhan menyatakan tentang tujuannya ini kepada manusia:

1. Saat Tuhan bicara kepada Adam dan Hawa (Kejadian 1:28)
Tuhan mau kita menaklukkan bumi, tapi banyak kehidupan saat ini yang sedang ditaklukkan bumi.

2. Saat Tuhan bicara kepada Abram (Kejadian 12:1-3)
Kita harus menjadi berkat kepada Tuhan dengan cara membawa orang kepada Tuhan. Melalui kehidupan kita, Tuhan mau melahirkan generasi-generasi yang memuliakan Tuhan.

3. Melalui Yesus (Lukas 4:18-19)
Berkat yang Tuhan beri kepada kita selalu memiliki tujuan. Berkat itu adalah alat yang Tuhan berikan untuk menggenapi tujuan Tuhan. Jika engkau mendapati tujuan Tuhan, Tuhan akan memperlengkapi engkau dengan berkat-Nya. Tuhan memberikan Roh Kudusnya untuk kita diperlengkapi dan menjadi saksi (Kis 1:8).

Matius 28:18-20

Kepada Tuhan telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi dan Tuhan mempercayakan Roh Kudus-Nya yang dahsyat kepada kita. Tujuannya adalah untuk menjadikan semua bangsa murid-Nya, membaptis mereka, dan mengajar mereka (discipleship). Pemuridan menjadi tugas gereja dan pemuridan menjadi alasan mengapa Tuhan menciptakan kita; setiap kehidupan harus melahirkan murid dan membawa orang kepada Tuhan. Kita bukan hanya berkumpul atau beribadah hari minggu. Melainkan, kita harus mempunyai tujuan untuk melakukan apa yang Kristus telah lakukan selama Ia di dunia ini, bahkan lebih lagi.

Form Follow Function (Bentuk Mengikuti Fungsi)

Tuhan adalah arsitek kita dan ia memperlengkapi kita dengan suatu tujuan. Kalau suatu hal yang dipakai tidak sesuai fungsinya, hal itu akan rusak. Ketika hidup kita dipakai untuk dosa dan hal-hal yang tidak sesuai tujuan Tuhan, kita pin akan rusak. Amanat agung Tuhan berbicara tentang kita me-murid kan dan melahirkan generasi bagi Tuhan, dan itulah fungsi atau panggilan kita.

Leave a comment